Selasa, 14 Maret 2017

Cuaca Yang Cocok Untuk Ayam Peternak

Cuaca Yang Cocok Untuk Ayam Petelur - Suhu pada tempat ayam sangat memengaruhi perkembangan ayam petelur. Suhu merupakan salah satu yang harus dijaga oleh seorang peternak  mulai dari yam masih DOC sampai masa produksi. Menjaga suhu dari awal akan sangat baik untuk perkembangan ayam layer nanti, tentu akan berpengaruh pada produksi telur dan  akan mengalami keberhasilan usaha .


Suhu yang diperlukan setiap fase ayam petelur berbeda - beda. Ayam yang masih kecil memerlukan suhu yang lebih hangat dan akan keperluan suhu akan menurun seiring bertambah umur ayam tersebut. Ketika masih DOC ayam masih sangat rentan terhadap penyakit dan anak ayam belum dapat mengatur suhunya sendiri maka sangat diperlukan  bantuan dari luar.

Begitu juga pada masa pertumbuhan dan masa produksi agar mencapai performance yang optimal. Standar suhu pada kandang ayam yaitu:
1. Umur 0 sampai 3 hari  yaitu berkisar antara 32 sampai 34 derajat Celcius
2. Umur 4 sampai 7 hari  yaitu 31 sampai 33 derajat Celcius
3. Umur 8 sampai 14 hari yaitu 28 sampai 30 derajat Celcius
4. Umur 15 sampai 21 hari yaitu 26 sampai 28 derajat Celcius
5. Umur 22 lebih yaitu 23 sampai 25 derajat Celcius

Selama fase pertumbuhan, pullet memerlukan makanan ayam dengan kualitas bagus sesuai keperluan. Suhu kandang yang tidak berubah memiliki peran penting untuk menentukan berapa jumlah makanan ayam yang harus dikonsumsi. Selama cuaca panas konsumsi makanan ayam akan menurun.

Pullet yang agresif akan mempunyai nafsu makan yang tinggi dan mempunyai kapasitas fisik kuat dibandingkan dengan pullet yang tidak agresif. Pullet yang kecil nafsu makannya akan menurun. Ketika ayam mengalami stress berat badan ayam akan menurun. Manajemen suhu yang tidak berubah memerankan peranan yang penting yaitu meminimalkan masalah ini.

Wilayah tropis yang panas terlebih pada siang hari tentu akan menjadi masalah pada peternak ayam petelur. Perbedaan suhu yang sangat jauh antara siang dengan malam, ketika malam hari dapat mencapai 23 derajat dan suhu panas ketika siang hari dapat mencapai 35 sampai 37 derajat celcius.

Suhu yang tinggi ketika siang hari harus ada usaha untuk mengatasinya. Cara yang dapat dilakukan oleh peternak ayam petelur yang sementara memanipulasi keseimbangan protein dan energi ketika cuaca panas atau pemberian antistress dilakukan untuk solusi jangka pendek.

Alat pengamat cuaca merupakan alat yang akurat untuk mengukur sebuah cuaca di suatu tempat. Salah satu yang termasuk alat pengamat cuaca yaitu weather station. Apabila anda ingin membelinya anda bisa mengunjungi website alat ukur Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar