Cara Menggunakan TDS Meter

Konten [Tampil]
Cara Menggunakan TDS Meter - TDS Meter adalah instrumen yang dipakai untuk keperluan mengukur elemen padatan yang terlarut pada air minum yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. TDS atau Total Dissolve Solid adalah ukuran zat yang terlarut dalam air baik zat organik anorganik. Air minum umumnya mengandung sejumlah elemen seperti besi logam (alumunium, besi, mangan, tembaga, seng dan lain lainnya). Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur kualitas cairan yang akan dimanfaatkan pada pengairan, kolam renang, budidaya hidroponik, air minum dan masih banyak lagi.


Cara Menggunakan TDS Meter

Untuk mengetahui elemen terlarut dalam suatu air dengan TDS Meter kita perlu menyiapkan air yang akan diuji dan dimasukkan pada wadah atau tempat. Selanjutnya celupkan TDS meter kedalam air tersebut. Dan angka akan muncul pada layar display. Sebaiknya kita tunggu 2 sampai 3 menit agar angkanya stabil. Tampilan layar LCD pada TDS Meter ini juga cukup besar yang akan memudahkan pemakai dalam membaca data pengukuran.

Walaupun alat ini dapat mengukur sejumlah elemen cair akan tetapi alat ini tidak dapat mengukur air panas, hal ini diakibatkan hasil yang ditampilkan tidak akan tepat. Sama halnya dengan air es atau air dingin yang diukur dengan TDS maka hasil pengukurannya tidak akan tepat. Tidak hanya air panas dan air es yang tidak bisa diukur, masih banyak cairan yang tidak bisa diukur dengan alat ini seperti air accu, alkohol, spiritus, air payau dan air laut. Hal tersebut dikarenakan cairan diatas bukan termasuk range pengukuran dari TDS Meter.

Jenis - Jenis TDS Meter


TDS Meter Air KL 740

TDS Meter mempunyai berbagai macam jenis dari waktu ke waktu fitur semakin ditingkatkan untuk mempermudah penggunanya. Jenis TDS yang banyak dipakai saat ini TDS Meter Air KL 740. Kelebihan yang dimiliki TDS jenis ini ialah pada fungsi Tombol Hold untuk menyimpan pengukuran, mematikan secara otomatis ketika sudah tidak dipakai 10 menit. Jenis TDS Meter ini sangat ideal dipakai untuk pengukuran penanaman hidroponik, kolam renang, dan lainnya.

TDS Meter KL -730
Selanjutnya adalah TDS Meter KL -730. TDS Meter jenis ini biasanya dipakai untuk mengukur alat minum. Pengukuran pada alat minum bertujuan untuk menghilangkan partikel padatan yang tidak tampak mata. Teknologi yang terkenal pada jenis ini adalah memiliki mikroprosessor yang canggih, memiliki fitur hold dan auto off, mempunyai range pengukuran ganda dan masih banyak lagi.


LihatTutupKomentar