Fungsi Clamp Meter

Konten [Tampil]
Fungsi Clamp Meter - Ketika melakukan pengukuran pada aliran konduktor, biasanya kita wajib memutuskan terlebih dahulu kabel yang terhubung. Peristiwa ini jelas akan memakan banyak waktu yang lama dan tidak efisien. Dengan perkembangan zaman, saat ini sudah ada alat yang bernama Clamp Meter.


Pengertian Clamp Meter


Clamp meter adalah suatu alat yang berguna untuk melakukan pengukuran arus pada konduktor tanpa memutuskan sirkuitnya. Clamp meter mempunyai bagian penjepit yang berfungsi untuk mengukur arus dengan hanya menjepit kabel saja. Alat ini memiliki kemiripan dengan multimeter. Bedanya clamp meter jelas lebih praktis dari pada multimeter.

Fungsi Clamp Meter



  • Berguna untuk melakukan pengukuran tegangan listrik, arus listrik dan resistansi atau tahanan.
  • Berfungsi untuk melakukan pengukuran temperatur, frekuensi dan induksi.
  • Berfungsi untuk melakukan pengecekan koneksi antar arus pada kabel.
  • Berfungsi sebagai pengukuran kapasitor eletktrolit.



Cara menggunakan Clamp Meter

Menentukan konduktor yang akan diukur
Peranti ini bisa membaca suatu konduktor listrik dengan baik. Kita tidak perlu memutuskan kabel lintasan. Setelah kalian menentukan konduktornya, sebaiknya peranti ini jangan dialiri listrik terlebih dahulu. Pastikan konduktor atau kabel dalam posisi tidak terhubung listrik, selanjutnya jepit clamp meter pada kabel atau konduktor. Setelah dijepit barulah kita menghidupkan listrik. Tujuan mematikan arus listrik pada saat menjepit konduktor berguna sebagai keamanan si pemakai alat ini.

Pilihlah fungsi dan jangkauan yang sesuai
Untuk menentukan manfaat dan jarak yang tepat kita perlu memutar rotary pada clamp meter. Selain itu konduktornya juga harus mempunyai nilai tegangan yang kurang dari 600V.  Jika konduktor tegangan mempunyai nilai melebihi batas yang sudah ditentukan maka berpotensi merusak alat yang akan dilakukan pengukuran. Clamp meter juga tidak bisa mendeteksi niai tegangan yang melebihi 600V. Jika anda tidak yakin pada tegangan dan jangkauan yang ada, maka anda bisa memilih jangkauan tinggi dan menyesuaikannya secara bertahap.

Jepit konduktor
Kemudian buka dan jepitkan rahang penjepit clamp meter pada konduktor yang ada. Dan anda wajib pastikan listrik dalam keadaan mati untuk keselamatan anda semua.

Pakailah pemisah garis AC
Ketika kita melakukan pengukuran arus AC, kadang clamp meter memberikan hasil yang salah. Dengan begitu, kita perlu menyambung jalur pemisah AC pada konduktor listrik lalu konduktor listrik tersebut disambungkan pada jalur pemisahnya. Selanjutnya jepit meteran pada pemisah AC untuk melihat hasilnya.

Ukurlah Tegangan
Kemudian anda perlu mengatur meteran yang terdapat pada penjepit sampai membentuk huruf “V” yang berfungsi untuk membaca tegangan pada konduktor. Dan hubungkan juga probe hitam dengan com jack dan probe berwarna merah dengan V/O jack.



LihatTutupKomentar