Jenis - Jenis Tanah

Konten [Tampil]
Jenis - Jenis Tanah - Tanah merupakan sumber daya alam yang sangatlah melimpah di muka bumi, yang dimana dari tanah sendiri tumbuh banyak sekali berbagai jenis tanaman seperti sayur - sayuran, buah - buahan serta tanaman yang lainnya.


Untuk jenis tanah yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan juga terbagi menjadi beberapa bagian. Yang pertama adalah tanah dengan kadar air yang sedikit yang dimana kondisi dari tanah itu sendiri adalah tanah kering dan hanya bisa ditumbuhi jenis tanaman tertentu.

Dan tanah yang kering juga bisa digunakan untuk bahan material seperti pada bahan bangunan yang sering kita jumpai seperti kapur dan sebagainya. Untuk tanah jenis selanjutnya adalah tanah dengan kondisi dimana kandungan air yang ada di dalamnya sangatlah banyak.

Tanah jenis ini juga bisa digunakan unuk tanah pertanian ataupun yang lainnya seperti menanam pohon dan sebagainya, karena kondisinya yang sangatlah subur dengan kandungan air yang di dalamnya pun cukup banyak serta tingkat ph yang sudah pastinya stabil.

Sedangkan untuk mengukur kadar phnya bisa menggunakan alat pengukur ph khususnya ph tanah yang dimana fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur kandungan ph tanah yang terdapat di dalamnya, sehingga hasil dari kandungan ph yang ada pada tanah bisa membedakan antara tanah yang kering serta tanah yang basah.

Untuk jenis tanahnya sendiri sangatlah beragam sekali mulai dari tanah subur seperti humus dan sebagainya hingga jenis tanah dengan tingkat kekeringan yang besar semisal tanah berkapur dan sebgaianya yang ada di Indonesia.

1. Tanah Aluviat, merupakan jenis tanah yang berasal dari endapan lumpur yang terbawa melalui aliran yang mengalir di bawah sungai. Biasanya tanah jenis ini sering dijumpai pada bagian hilir dari sungai karena dibawa dari hulu sebuah sungai.

2. Tanah Andosol, merupakan jenis tanahn yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik sebuah gunung berapi yang biasanya akibat abu vulkanik yang menimpa suatu daerah sehingga menjadi sebuah tanah jenis andosol.

3. Tanah Humus, merupakan jenis tanah yang paling subur dibandingkan dengan jenis tanah yang lainnya di Indonesia, dan sering dijadikan sebagai tanah untuk pertanian ataupun perkebunan yang sering ada di Indonesia khususnya.

4. Tanah Kapur, merupakan jenis tanah yang mengandung kandungan kapur yang sangat banyak seklai dan juga sering dijadikan sebagai bahan material sebuah bangunan dan di Indonesia sendiri khususnya sering dijadikan sebuah bahan bangunan.

Selain keempat jenis tanah tadi, masih banyak jenis tanah yang ada di Indonesia dan jenis - jenis tanah tersebut mempunyai fungsi serta manfaatnya masing - masing dari setiap lapisan ataupun tanah - tanah tersebut.
LihatTutupKomentar