Menara

Konten [Tampil]
Menara - Siapa yang belum pernah melihat sebuah menara ataupun menaiki sebuah menara, pastinya sebagian besar orang sudah pernah menaiki sebuah menara. Dan banyak sekali menara yang ada di dunia yang sangat beragam bentuknya.


Menara sendiri merupakan sebuah bangunan yang digunaka untuk memperingati sebuah hari ataupun untuk dibangun agar bisa memantau situasi yang sangat jauh. Sehingga bisa terlihat dari jarak yang tidak bisa dijangkau oleh mata kepala sendiri.

Menara di Indonesia sangatlah banyak, mulai dari menara yang ada di pinggir pantai hingga menara yang berada di perkotaan. Menara yang berada di pinggir pantai yaitu menara dengan namanya mercusuar.

Fungsi dari mercusuar tersebut adalah untuk memberitahukan sebuah kapal bahwa akan ada pulau di depannya sehingga mengharuskan kapal tersebut untuk memutar balikan kapalnya sehingga tidak terjadi tabrakan dengan pulau yang ada di sekelilingnya.

Untuk menara yang diperkotaan, digunakan untuk simbol dari kota tersebut ataupun bisa juga digunakan untuk mengenang para pahlawan yang berasal dari suatu kota di daerah tersebut. Sehingga dibuatkanlah sebuah menara.

Menara pada jaman penjajahan juga digunakan untuk memantau para musuh, sehingga bisa melihat dai arah yang jauh sehingga bisa terpantau seluruh area yang sangat luasnya tidak bisa di ukur oleh mata kita senidri.

Apalagi menara juga menjadi salah satu ikon pariwisata di suatu daerah yang dimana daerah tersebut menjadi sangat terkenal karena keberadaan suatu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri yang sedang berlibur.

Pada jaman dahulu pula, menara yang kita kenal biasanya terbuat dari bahan - bahan yang sangat sederhana semisal besi yang disusun sedemikian rupa ataupun sebuah bambu yang disusun hingga ketinggian tertentu, agar bisa memantau situasi dan kondisi dari arah yang sangat jauh.

Tetapi seiring dengan berkembangnya waktu, akhirnya mulai dibuat dengan bahan - bahan material seperti baja dan besi yang dipadukan dengan beton sehingga membentuk sebuah menara yang kokoh dan bertahan lama.

Untuk baja atupun besinya sendiri haruslah menggunakan sebuah alat pengukur kekerasan yang dimana fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur seberapa keras baja ataupun besi yang akan dibuat menjadi menara tersebut.

Sehingga hasil dari menara tersebut pun akan semakin bagus serta tingkat dari kontruksinya pun akan semakin baik pula. Dan pada saat pembangunannya pun akan berjalan dengan baik sehingga didapatkan sebuah menara yang menjulang ke atas.
LihatTutupKomentar