Bagian-Bagian Refraktometer

Konten [Tampil]
Bagian-Bagian Refraktometer - Refraktometer adalah sebuah peranti digital yang dipakai untuk melakukan pengukuran kadar/konsentrasi pada bahan atau zat yang mudah terlarut, contohnya seperti garam, gula, dan lainnya. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memanfaatkan refraksi dari cahaya. Alat ini juga sangat mudah digunakan dan perawatannya walaupun bagi orang awam sekalipun.
Seperti contoh gambar dibawah ini, sebuah sedotan yang dimasukan ke dalam gelas yang berisi air akan terlihat membengkok. Pada gambar kedua sebuah sedotan dicelupkan ke dalam sebuah gelas yang berisi air gula. Terlihat sedotan terbengkok lebih tajam. Masalah ini terjadi karena adanya refraksi cahaya. Semakin tinggi konsentrasi bahan terlarut maka semakin terlihat juga sedotan yang terbengkok secara proporsional.


Bagian Pada Refraktometer

Dan sebelum memakai alat ini alangkah baiknya kita mengetahui bagian-bagian dari refraktometer.
  • Biomaterial Strip, bagian ini berada pada bagian dalam alat (yang tidak terlihat) dan bermanfaat sebagai pengatur suhu sekitar 18 sampai 28 OC. Ketika suhu melebihi 28o C maka suhu otomatis mengikuti jarak.
  • Kaca atau Day light plate bagian ini bermanfaat untuk melindungi prisma dari goresan benda asing seperti debu, ataupun benda lain dan untuk melindungi agar zat/bahan tidak jatuh menuju prisma.
  • Eye Piece adalah bagian yang berguna untuk melihat skala yang digunakan oleh refraktometer.
  • Handle berguna memegang alat refraktometer dan menjaga kestabilan suhu.
  • Knop Pengatur skala, bagian ini berfungsi untuk mengkalibrasi skala menggunakan aquades. Cara kerja perangkat digital ini adalah knop diputar searah atau berlawanan dengan arah jarum jam hingga memperoleh skala terkecil (0.00 untuk refraktometer salinitas, dan 1000 untuk refraktometer urine)
  • Lensa memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya.
  • Lensa Pembesar, komponen ini mempunyai manfaat sebagai pengatur perbesar skala yang terlihat pada eye piece.
  • Prisma memiiki peran untuk melakukan pembacaan skala dari zat terlarut dan mengubah cahaya lampu/matahari (polikromatis) menjadi cahaya monokromatis. Bagian ini juga merupakan bagian paling sensitif terhadap goresan suatu benda.
  • Skala berfungsi untuk melihat konsentrasi, dan masa jenis pada suatu larutan.

Macam-Macam Refraktometer

  1. Refraktometer Abbe, perangkat ini dapat dipakai untuk mengukur bermacam-macam indeks bias pada larutan. Refraktometer ini mempunyai 2 lubang pengamatan.
  2. Hand Refraktometer (Refraktometer Tangan) alat ini hanya dapat dimanfaatkan untuk mengukur zat-zat tertentu saja dan hanya memiliki satu lubang pengamatan. Indeks dari peranti ini juga bisa dibaca langsung kadarnya.
LihatTutupKomentar