Cara Menanam Bunga Mawar

Konten [Tampil]
Cara Menanam Bunga Mawar - Bunga khususnya bunga mawar banyak diartikan sebagai tanda cinta kita kepasa pasangan. Bentuk dan warnanya yang indah banyak disukai oleh para wanita dan sering dijadikan kado oleh para lelaki. Selain itu bunga mawar juga mempunyai wangi yang semerbak.

Bunga mawar merupakan tanaman yang termasuk ke dalam genus Rose dan sekaligus menjadi nama bunga itu sendiri dalam bahasa inggris. Namun dibalik keindahannya tanaman bunga mawar memiliki duri dan dapat menjalar hingga setinggi 5 meter.

Selain dijadikan hadiah sebagai tanda cinta kepada pasangan, bunga mawar juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat parfum, obat, pewangi dll. Dengan wanginya yang khas dan prosesnya yang sulit tentu produk turunan bunga mawar tersebut mempunyai harga yang mahal.

Karena keindahannya juga membuat bunga mawar dijadikan penghias baik di kebun atau taman bahkan pot di rumah. Menanm bunga mawar tidak hanya pada kebun dan taman namun juga dapat dilakukan di dalam pot.

Namun bila Anda ingin menanam bunga mawar maka Anda harus tahu cara menanamnya dengan baik dan benar. Teknik yang salah atau sembarangan dalam menanam dapat membuat tanaman mawar Anda menjadi mati dan tidak dapat bertahan lama.

Bila Anda ingin menanam bunga mawar khususnya yang menggunakan pot maka secara umum ada 3 hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman mawar yang baik yaitu :

1. Proses Persiapan

Pertama - tama tentu Anda harus menyiapkan bibit bunga mawar, tanah dan potnya lebih dahulu, untuk pot yang digunakan Anda dapat memilih pot yang terbuat dari tanah liat, semen, plastik ataupun keramik. Bila Anda memilih pot yang terbuat dari plastik maka pastikan pot tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik di bagian bawahnya. Kemudian siapkan tanah untuk media penanaman, disini Anda dapat menggunakan tanah hitam bekas pembakaran yang dicampur dengan pasir dan pupuk kandang yang telah difermentasikan.

2. Proses Penanaman

Tambahkan pecahan bata atau batu - batu kecil di bagian dasar pot sebelum Anda memasukkan tanah ke dalam pot tersebut, penambahan bata atau batu tersebut adalah untuk memudahkan mengeluarkan air yang berlebihan di dalam pot. Kemudian Anda dapat membuat campuran tanah dengan pasir dan pupuk kandang menggunakan perbandingan 1 : 1/4 : 1. Pastikan campuran tanah tersebut memiliki tingkat kesuburan yang baik, Anda dapat mengujinya menggunakan soil pH meter yang dapat menguji tingkat kesuburan tanah dengan baik. Barulah tanaman mawar dapat Anda tanam pada media tersebut, kemudian beri sedikit tekanan pada tanah untuk memadatkannya.

3. Proses Perawatan

Setelah ditanam tentu bunga mawar juga membutuhkan perawatan untuk dapat tumbuh dengan baik. Pastikan Anda rutin menyiramnya dan menempatkan pot pada tempat yang mendapatkan cahaya matahari pagi secara penuh. Sesekali Anda dapat menggunakan air larutan asam benzoat untuk mencegah pembusukkan akar. Selain itu sesekali Anda juga harus mengganti media tanam dan memotong akar tanaman mawar tersebut untuk membuat tanaman tumbuh dengan baik.
LihatTutupKomentar