Alat Pengukur Kecepatan Angin

Konten [Tampil]
Alat Pengukur Kecepatan Angin - Angin ialah suatu udara yang berpindah yang diakibatkan adanya rotasi bumi serta perbedaan tekanan udara di tempat sekitarnya. Angin awalnya berpindah dari tempat udara yang tinggi menuju udara yang lebih rendah. Angin yang dipanaskan akan terjadi peristiwa memuai, udara yang memuai akan  menjadi lebih ringan sehingga akan naik. Ketika peristiwa ini terjadi maka tekanan udara akan menurun yang ditimbulkan kondisi udara yang berkurang. Dan udara dingin akan mengalir ke daerah yang bertekanan udara rendah dan udara akan mengalami penyusutan sampai turun kebawah. Dibawah udara akan menjadi panas lagi dan akan naik kembali. Peristiwa naik turunnya udara merupakan konveksi.



Angin sekarang sudah dapat diukur menggunakan alat bernama anemometer. Anemometer berfungsi menguji dan mengukur kecepatan pada angin. Anemometer dibedakan menjadi dua yaitu anemometer sebagai pengukur kecepatan angin dan anemometer sebagai pengukur tekanan angin.

Anemometer Kecepatan Angin

Acoustic Resonance Anemometers
Anemometer jenis ini ialah jenis anemometer yang paling terbaru, jenis anemometer ini sangat bergantung pada waktu pengukuran penerbangan.

Cup Anemometers
Anemometer ini ialah jenis yang paling biasa, jenis anemometer ini mempunyai 3 cup berbentuk setengah lingkaran yang terdapat pada ujung tiap gagang. Jenis anemometer ini biasa dimanfaatkan pada standar industri yang berguna untuk penilaian studi sumber daya angin.

Hot-wire Anemometers
Anemometer ini memakai kawat yang sangat halus dan akan dipanaskan. Frekuensi pada anemometer ini memiliki frekuensi yang sangat tinggi serta resolusi yang baik dibanding dengan cara pengukuran lainnya. Maka dari itu jenis anemometer ini hampir universal dimanfaatkan pada studi rinci arus turbulen.

Anemometer Tekanan Angin

Plate Anemometers
Anemometer ini merupakan jenis anemometer pertama yang memanfaatkan piring datar yang diletakan pada atas dan angin akan melewati piringan tersebut. Anemometer jenis ini akan bekerja lebih baik ketika pada tempat yang tinggi.

Tube Anemometers
Anemometer ini terdiri dari kaca tabung yang membentuk huruf U dan berisi cairan pengukur tekanan. Jenis anemometer ini merupakan jenis yang paling gampang dan sangat dikenal masyarakat. Ketika angin beralih ke mulut tabung maka akan meningkatnya tekanan pada manometer. Perubahan cairan yang dihasilkan adalah indikasi dari kecepatan angin tersebut.



LihatTutupKomentar