Alat Ukur Kekeruhan Air

Konten [Tampil]
Alat Ukur Kekeruhan Air - Air ialah peranan kehidupan terpenting bagi seluruh kebutuhan makhluk hidup. Fungsi air tidak pernah dapat diganti dengan senyawa lainnya. Air mempunyai berbagai manfaat yang sangat banyak yang berguna bagi seluruh makhluk di bumi, sehingga air mempunyai peranan penting dalam kelangsung kehidupan. Rumus kimia dari air adalah H2O.

Karakteristik Fisik Air
·       Kekeruhan ditimbulkan karena adanya bahan organik dan anorganik pada air contohnya tanah dan sampah industri.
·       Suhu mengakibatkan turunnya kadar oksigen yang terlarut. Dengan kata lain jika oksigen terlarut terlalu rendah maka akan muncul bau tidak enak yang disebabkan degradasi anaeribic.
·        Warna dominan karena adanya organisme senyawa organik seperti tumbuh-tumbuhan.
·        Zat padat dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menurunkan kadar oksigen terlarut.
·       Bau dan rasa dihasilkan oleh organisme air seperti alga serta gas H2S yang terbentuk dalam kondisi anaerobik.

Karakteristik Kimia Air
·        pH, pembatasan dari pH dikarenakan akan berpengaruh terhadap suatu rasa korosifitas serta efisiensi klorinasi. Beberapa larutan seperti asam dan basa lebih toksid pada bentuk molekuler.
·       Dissolved Oxygent ialah oksigen terlarut dari air dan sumbernya dari hasil fotosintesis serta absorbsi udara. Dengan kata lain semakin banyak DO maka kualitas air akan semakin bagus. Satuan dari Dissolved Oxygen ialah presentasi saturasi.
·      Biological Oxygent Demand adalah banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan-bahan organik yang ada pada air buangan secara biologi.
·       Chemical Oxygent Demand ialah banyak oksigen yang dibutuhkan pada prosedur oksidasi bahan organik secara kimia.

Kekeruhan pada air juga dapat diukur dengan alat yang bernama Turbiditimeter, alat ini berfungsi mengukur kekeruhan pada air atau larutan. Sesuatu yang kadang dianggap sepele yaitu cukup dilihat tanpa melalui proses pengukuran, padahal dengan melakukan pengukuran akan mengetahui mutu dari air tersebut.

Sifat alat ini disebabkan oleh cahaya dan dinyatakan sebagai perbandingan cahaya hasil pantulan. Interaksi dari pantulan adalah fungsi dari konsentrasi ketika kondisi lain konstan. Dengan begitu turbiditimeter sangat penting dalam melakukan pengukuran kekeruhan air.


LihatTutupKomentar