Cara Membuat Kopi Bubuk

Konten [Tampil]
Cara Membuat Kopi Bubuk - Kopi sendiri merupakan sebuah tanaman yang tumbuh berkembang banyak di Indonesia. Tanaman ini tumbuh pada iklim tropis seperti di negara kita ini, untuk mendapatkannya pun sanagtlah mudah. Hampir setiap toko ataupun kedai pasti menjual aneka olahan dari kopi. Kopi sendiri biasanya dibuat sebagai minuman penghangat ketika suhu mulai terasa dingin.

Untuk menghasilkan kopi sendiri, pertama - tama yang harus diperhatikan adalah pemilihan dari biji kopi yang akan digunakan untuk membuatnya. Pastikan menggunakan biji kopi yang sudah matang, biji kopi yang sudah matang akan berwarna merah maroon.

biji kopi yang sudah dipanen kemudian akan dijemur dibawah sinar matahari selama beberapa hari. Lama penjemurannya tergantung dari cuaca apakah hari tersebut cerah, cerah berawan, ataupun hujan. Setelah dijemur kemudian biji kopi akan dipisahkan dari kulitnya.

Langkah yang selanjutnya yang harus dilakukan adalah memisahkan antara biji dengan kulitnya. Setelah terpisah langkah selanjutnya adalah mencuci bijinya supaya bersih, dan untuk mengetahui tingkat dari kelembaan biji tersebut menggunakan alat yang bernama mouisture meter.

Menyangrai biji kopi tersebut hingga benar benar kering dan lunak sehingga pada saat proses penghancuran bisa dengan mudah dilakukan. Kopi sendiri pada proses penyangraiannya, harus benar  - benar diperhatikan karena proses ini sangat bergantung pada kualitas kopi yang akan dihasilkan nanti.

Kopi sendiri sesudah disangrai, proses selanjutnya adalah menggilingnya hingga menjadi halus dengan menggunakan mesin penggiling supaya lebih mudah dan tidak membuang tenaga yang cukup banyak.

Setelah proses penggilingan selesai selanjutnya adalah mengemas hasil dari serbuk kopi kedala wadah agar tidak bececeran bubuk - bubuk yang sudah digiling. Dan untuk membuat minuman kopi sendiri bisa dilakukan di rumah ataupun pada saat kita berkemah.

Prosesnya sangatlah sederhana, hanya tinggal menyiapkan bubuk kopi yang sudah digiling, lalu gula pasir ataupun gula halus. Dan tak lupa pula untuk menyiapkan air yang sudah kita panaskan untuk
menyeduh kopinya.

Pertama adalah masukkan kopi serta gula pada gelas, kemudian seduhn menggunakan air panas, setelah diseduh kemudian aduk dengan menggunakan sendok agar merata. Yang terakhir adalah kopi siap untuk diminum, apalagi pada musim dingin, kopi sangat enak pada saat kita meminumnya.
LihatTutupKomentar