Karakteristik Daging Ikan Salmon

Konten [Tampil]
Karakteristik Daging Ikan Salmon - Ikan Salmon masih satu family dengan Salmonidae dan ikan Trout ini merupakan salah satu jenis ikan laut. Hanya saja ikan trout merupakan ikan yang hidup menetap, namun ikan salmon adalah ikan yang suka bermigrasi dan hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

Karakteristik Daging Ikan Salmon

Ikan ini sudah sangat terkenal karena sering dikonsumsi, selain itu kandungan gizi ikan salmon juga tidak perlu diragukan lagi. Kandungan protein, Omega 3, lemak tak jenuh, kalsium, dan sejumlah kandungan gizi lainnya membuat ikan salmon banyak dicari untuk dikonsumsi.

Akan tetapi semua manfaat yang terkandung dalam ikan salmon bisa kita peroleh bila kita mengkonsumsi ikan salmon yang masih segar atau yangbelum busuk. Oleh karena itu kita harus mengetahui ciri - ciri salmon yang masih segar yang lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

1. Warna Khas Salmon Segar

Pada dasarnya salmon yang segar mempunyai warna orange cerah dengan guratan garis berwarna putih yang jelas dan tidak mempunyai bintik - bintik cokelat atau bercak lainnya pada permukaan salmon segar. Namun ada jenis salmon yang sedikit lebih pucat warnanya dari jenis salmon lainnya, akan tetapi hal tersebut bukanlah masalah karena kita dapat mencermati ciri - cirinya. Anda juga dapat mengujinya dengan menyentuh salmon tersebut, bila ada warna yang menempel pada jari Anda berarti salmon tersebut sudah diberi bubuk warna agar tampilannya menarik.

2. Mencermati Warna Insang dan Mata

Anda juga dapat mengamati kesegaran ikan salmon dengan mudah bila Anda akan membeli ikan salmon yang masih utuh, ikan salmon segar memiliki warna mata dan insang yang jernih. Salmon segar memiliki warna insang yang merah sedangkan matanya tidak mempunyai bercak merah - kemerahan. Cukup mudah bukan untuk mengetahui ikan salmon segar berdasarkan ciri - ciri tersebut. 

3. Salmon Berkualitas Tidak Berlendir

Adanya lendir pada permukaan ikan salmon menandakan ikan tersebut sudah lama disimpan dan menjadi sudah mulai busuk. Hal ini karena ikan salmon yang sudah mulai busuk akan membuat lapisan lendir. Anda juga dapat menyentuh permukaan salmon untuk mengetahui hal tersebut.

4. Cium Aroma Ikan Salmon

Aroma laut yang khas akan tercium pada ikan salmon segar, berbeda dengan ikan salmon yang sudah mulai busuk akan tercium aroma yang tengik. Ikan salmon segar aroma amisnya wajar dan terasa segar yang masih baik untuk digunakan sebagai sushi, berbeda dengan salmon yang sudah disimpan dalam waktu lama yang akan berbau tidak sedap.

5. Mencermati Tekstur Salmon

Daging ikan salmon segar akan terasa kenyal bila ditekan dengan jari, dagingnya akan bertekstur padat namun empuk karena masih mengandung kadar air yang cukup. Kalangan dinas biasanya akan memeriksa kadar air tersebut menggunakan alat ukur kelembaban bijian atau moisture meter khusus untuk daging ikan guna memastikannya. Berbeda dengan daging ikan salmon yang sudah tidak segar akan terasa lembek dan bahkan akan hancur bila dimasak.
LihatTutupKomentar