Senin, 10 April 2017

Dampak Gas Freon

Dampak Gas Freon - Sekarang sudah banyak tempat yang memakai AC dan juga kulkas seperti mall, tempat kerja atau kantor sampai rumah juga yang memakai AC. Pada sistem pemakainnya, kulkas dan AC mengandung gas Chlorofluorocarbon ( CFC ) dengan bentuk freon yang berguna sebagai pendingin.


Gas CFC tersebut berbahaya untuk bumi. Sebab bisa merusak lapisan ozon bumi yang mengakibatkan peningkatan suhu di bumi. Akibatnya bumi akan terasa sangat panas dan perubahan iklim yang tidak menentu akan sering terjadi.

Fungsi AC untuk masyarakat yaitu sebagai pendingin ruangan dan pemberi kenyamanan. Sementara kulkas sebagai penyimpan makanan, supaya tahan lama. Sebagian besar masyarakat terkadang kurang tepat dalam memakai AC dan kulkas.

Seperti di perkantoran AC yang digunakan justru membuat pekerjanya kedinginan. Padahal sirkulasi udara alami di ruangan kantor cukup bagus. Hal seperti inilah yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global di bumi.

Pemanasan global merupakan proses meningkatnya suhu rata - rata atmosfer, laut, dan juga daratan bumi. Suhu rata - rata global di permukaan bumi telah meningkat 0.74 kurang lebih 0.18 °C selama seratus tahun terakhir.

Peningkatan suhu global akan mengakibatkan perubahan yang lainnya seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem dan juga peningkatan suhu secara global.

Hasil pertanian, hilangnya gletser, dan juga punahnya berbagai macam jenis hewan dipengaruhi oleh gas freon. Selain mengakibatkan penipisan lapisan ozon, gas freon juga salah satu gas yang mengakibatkan efek rumah kaca.

Selain gas freon, efek rumah kaca juga terjadi karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida, dan gas - gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas karbon dioksida tersebut disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan juga bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tanaman dan laut untuk menyerapnya.

Gas yang bisa mengakibatkan efek rumah kaca selain gas karbondioksida dan gas freon adalah belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) serta senyawa organik seperti gas metana.

CFC (gas freon) adalah klorofluorokarbon, yang merupakan senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya. Apabila anda ingin mendeteksi kebocoran gas, anda bisa memakai gas detector.

Anda bisa mencari alat tersebut di toko alat ukur, salah satu toko yang jual gas detector yaitu alat ukur Indonesia. Di alat ukur Indonesia juga menjual alat ukur lainnya yang berkualitas dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar