Fungsi Gas Detector

Konten [Tampil]
Fungsi Gas Detector - Udara merupakan campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara memang tidak bisa dilihat akan tetapi kehadiran dari udara bisa ditandai dengan adanya angin yang bisa kita rasakan. Udara ialah jenis sumber daya alam besar yang dibutuhkan makhluk hidup.
Pencemaran udara ialah hadirnya substansi pada lapisan udara bumi dan sifatnya membahayakan bagi kesehatan seluruh makhluk dimuka bumi. Pencemaran udara biasanya muncul dampak kegiatan manusia.

Pencemaran udara sendiri bisa dihitung memakai alat yang bernama gas detector. Gas detector merupakan perangkat yang dapat mendeteksi datangnya suatu gas pada suatu tempat. Alat ini kebanyakan digunakan sebagai peralatan keamanan. Gas detector memakai sistem kontrol otomatis yang berfungsi untuk memudahkan para pemakainya. Alat ini akan membunyikan fitur alarm jika timbul kebocoran gas. Maka dari itu alat ini sangat penting karena kita tidak pernah menduga kapan akan terjadi kebocoran gas.

Akibat dari pencemaran udara umumnya mengakibatkan terjadi masalah sebagai berikut:

  • Menurunnya kualitas udara yang dimanfaatkan untuk pernafasan makhluk hidup.
  • Mengakibatkan timbulnya penyakit seperti ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut.
  • Menyebabkan keracunan yang diakibatkan pengikatan CO2 dari hasil pencemaran udara tersebut.Mengakibatkan keracunan yang ditimbulkan pengikatan CO2 dari hasil pencemaran udara tersebut.
  • Berpotensi timbulnya penyakit kanker kulit, iritasi mata dan katarak.
  • Mengakibatkan timbulnya hujan asam yang disebabkan oleh oleh oksidasi dari belerang dan nitrogen hasil dari pembakaran batu bara.





Gas detector bisa mengetahui adanya gas mudah terbakar sampai gas beracun dan depleksi oksigen. Perangkat digital ini kebanyakan dipakai pada industri kilang minyak, karena untuk memantau proses manufaktur dan teknologi seperti photovoltaic, dan alat ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pemadang kebakaran.

Gas detector ini memiliki alarm dan alarm akan berkedip ketika mendeteksi adanya kebocoran gas dan melakukan pengukuran kadar gas, kemudian sensor yang terdapat pada kalibrasi akan merespon sebagai tanda atau skala kebocoran.

Alat ini dibuat untuk perangkat portable atau stasioner. Pada awalnya alat detector gas ini diciptakan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas tunggal saja. Seiring perkembangan alat tester gas detector saat ini sudah dapat melakukan deteksi terhadap gas beracun atau gas yang mudah terbakar dan bahkan kombinasi dari kedua gas tersebut.



LihatTutupKomentar