Pengertian Colorimeter adalah

Konten [Tampil]
Pengertian Colorimeter adalah - Dizaman yang serba canggih dan cepat seperti saat ini, kemajuan teknologi dalam dunia industri pun semakin cepat pula berkembang. Baik dalam hal alat produksi ataupun dalam hal alat uji dan alat ukur.



Banyak alat ukur yang diciptakan melalui teknologi yang canggih. Saat ini sebuah alat ukur sudah diciptakan,dengan teknologi yang semakin canggih dan banyak industri yang membutuhkan alat ukur tersebut, alat ukurnya yaitu Colorimeter. 

Colorimeter adalah sebuah alat pengukur warna yang sensitive terhadap cahaya yang diserap dari beberapa zat atau benda. Alat pengukur dan penguji warna colorimeter ini menentukan kualitas warna melalui penggolongan warna dari biru, merah, dan hijau dari cahaya yang diserap oleh objek.

Pada saat cahaya melewati medium, lalu cahaya itu diserap dan cahaya yang lewat itulah yang diserap oleh alat ini dan dijadikan sebagai hasilnya. ada penurunan seberapa banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh medium.

Hukum Beer-Lambert tersebut menjadi panutan hukum yang digunakan untuk cara kerja dari alat colorimeter ini, yang mengungkapkan bahwa penyerapan cahaya yang ditransmisikan melalui media berbanding lurus dengan konsentrasi medium.

prinsip kerja dasar dari alat ukur dan uji warna colorimeter ini dengan melewati panjang gelombang tertentu dari cahaya yang melalui solusi, lalu mengukur cahaya yang datang melalui sisi yang lain. Dengan tujuan untuk mengetahui konsentrasi sampel yang tidak diketahui.

beberapa contoh solusi di mana konsentrasi diketahui pertama kali dibuat dan diuji. lalu diplot pada grafik dengan konsentrasi pada absorbansi dan satu sumbu di sisi lain untuk membuat kurva kalibrasi.

ketika sampel yang belum diketahui diuji, hasilnya dibandingkan dengan sampel yang dikenal pada kurva untuk menentukan konsentrasi. Ada berapa jenis colorimeter yang secara otomatis akan membuat kurva kalibrasi yang didasarkan pada kalibrasi awal.

Didalam industri televisi atau industri monitor, colorimeter digunakan untuk menganalisa kontras warna dan kecerahan pada layar televisi atau monitor, yang memungkinkan pengguna atau user untuk kemudian menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan kualitas gambar yang terbaik dan yang diinginkan.

namun dalam industri percetakan. colorimeter berguna untuk mengukur intensitas atau kualitas warna pada kertas yang sudah dicetak, dan alat ini juga berguna untuk menentukan kualitas warna tinta, apakah tinta dalam kualitas terbaik atau buruk.

Untuk mendapatkan alat ukur warna colorimeter ini, anda hanya cukup mengunjungi website Alat Ukur Indonesia.
LihatTutupKomentar