Membuat Stasiun Pengamatan Cuaca Sendiri

Konten [Tampil]
Membuat Stasiun Pengamatan Cuaca Sendiri - Cuaca sendiri merupakan hal yang sering terjadi dipermukaan bumi kita ini. Sering kali perubahan cuaca tidak bisa kita prediksi sebaik dan seminimal mungkin sehingga kita tidak tahu apapun yang akan terjadi ke depannya.


Biasanya cuaca diukur melalui stasiun pengamatan cuaca yang ada di dunia, misalkan kita di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada stasiun pengamatan cuaca yaitu BMKG atau merupakan kependekan dari Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika.

BMKG sendiri memiliki peran yang sangat penting karena dengan adanya badan organisasi seperti BMKG, kita bisa mengetahui prediksi tentang cuaca serta laporan suhu baik dalam negeri maupun luar negeri jika kita mengikuti perkembangan beritanya.

Cuacanya pun sangatlah berakurat sehingga bisa menjadi tolak ukur tentang cuaca yang akan terjadi pada hari besok ataupun yang akan datang selanjutnya. Jadinya kita tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana kita mengantisipasi tentang cuaca yang sering berubah - ubah.

Memprediksikannya pun tidaklah sembarang, kita harus memeprhatikan beberapa faktor yang mendukung tentang bagaimana cuaca tersebut diprediksikan serta dapat disampaikan melalui berita yang disiarkan di stasiun televisi lokal maupun luar.

Faktor - faktor tersebut diantaranya adalah

1. Kecepatan Angin serta Arahnya

Arah angin sangatlah mempengaruhi kemana dan apa yang akan terjadi pada cuaca yang akan datang nanti, untuk angin sendiri kita bisa melihatnya pada monitor yang terhubung pada satelit yang memprediksikan angin melalui permukaan bumi.

2. Suhu Pada Permukaan Bumi

Suhu juga mempengaruhi perubahan cuaca pada bumi, sehingga kita perlu mengetahui suhu yang terjadi sekarang. Suhu yang sejuk memeberikan cuaca yang cerah pada esok hari, begitupun sebaliknya cuaca yang panas dapat menyebabkan cuaca hujan pada keesokan harinya.

3. Perubahan Iklim

Iklim sangat mempengaruhi cuaca yang akan terjadi keesokan harinya, sehingga kita mengetahui apa atau cuaca apa yang akan terjadi keesokan harinya.

Dan untuk membuat stasiun cuaca sendiri sangatlah mudah, kita bisa menggunakan alat yang bernama weather station. Yang fungsinya adalah untuk memprediksan secara lengkap, baik itu tentang cuaca, suhu serta kecepatan angin yang akan terjadi keesokan harinya.
LihatTutupKomentar