Uji Laboratorium Sampel Warna

Konten [Tampil]
Uji Laboratorium Sampel Warna -  Pewarna makanan merupakan sebuah hal yang sering digunakan untuk membuat sebuah makanan serta minuman sebagai tambahan agar tampilannya menarik serta kreatif.


Pewarna sendiri merupakan sebuah kandungan pada zat yang dapat memunculkan warna jika bercampur dengan bahan tertentu sehingga bahan tersebut akan terlihat lebih berwarna serta menarik perhatian orang yang melihatnya.

Pewarna ada dua macam yaitu pewarna alami serta pewarna buatan. Pewarna alami sendiri merupakan pewarna yang terbuat dari bahan - bahan yang berasal dari alam atau dengan kata lain alami, sehingga warna yang dimunculkan pun lebih gelap.

Untuk pewarna alami bisa didapatkan dengan bahan - bahan yang berasal dari tumbuhan. Bahan - bahan tersebut mudah di dapatkan dimanapun tempatnya, sehingga warna alami pun sangatlah banyak untuk makanan.

Untuk warnanya pun sangatlah beragam, muali dari warna merah hingga putih pun ada. Untuk warna merah sendiri berasal dari tumbuhan yang mempunyai zat yang berwarna merah, seperti strawberry dan buah naga yang mengandung zat warna merah.

Warna kuning biasanya berasal dari jeruk ataupun kunyit yang telah dihancurkan. Warna jingga berasal dari wortel serta tomat, terkadang tomat juga dijadikan warna merah. Warna biru berasal dari blueberry yang telah dihancurkan pula.

Untuk hijau berasal dari warna panda yang biasanya digunakan pada makanan tradisional, serta warna putih yang berasal dari vanilly. Dan masih banyak lagi jenis - jenis tumbuhan yang dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan.

Makanan yang masih menggunakan warna alami adalah makanan tradisional seperti jajanan pasar yang sering kita jumpai di pasar tradisional ataupun pasar modern. Sehingga banyak sekali penjual yang masih bertahan menggunakan pewarna alami.

Sedangkan pewarna buatan adalah pewarna yang berasal dari tumbuhan tetapi dicampur dengan bahan - bahan tertentu sehingga kesan dari warnanya sendiri akan terasa lebih terang jika dibandingkan dengan pewarna yang alami.

Untuk pewarna makanan buatan sendiri sangatlah tidak dianjurkan untuk digunakan karena bisa jadi pewarna tersebut mengandung zat yang berbahaya yang bisa merusak sistem oada tubuh ataupun kekebalan pada tubuh.

Untuk mengecek makanan yang mengandung pewarna buatan yang berbahaya bisa menggunakan alat yang bernama spektrofotometer, yang fungsinya adalah untuk mengetahui dari warna tersebut apakah mengandung bakteri ataupun zat yang berbahaya.

Sehingga akan lebih aman jka kita menggunkan ataupun memakan makanan yang masih alani sehingga kita bisa mendapatkan asupan dari makanan yang cukup tanpa menggunakan bahan maknan yang dapat mengganggu kesehatan pada tubuh.
LihatTutupKomentar