Manfaat Angin Bagi Kehidupan

Konten [Tampil]
Manfaat Angin Bagi Kehidupan - Angin merupakan udara yang bergerak dari suatu tempat ke tempat lain yang disebabkan karena perbedaan suhu maupun tekanan udara. Karena bumi kita terdiri dari daratan dan lautan maka anginpun secara umum dibagi menjadi angin laut dan angin darat.

Manfaat Angin Bagi Kehidupan

Angin ini sendiri mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan yang ada di bumi baik untuk manusia, hewan, tumbuhan dan faktor abiotik lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat angin bagi kehidupan yang ada di bumi :

1. Bermanfaat Untuk Penyerbukan Tanaman

Angin sangat bermanfaat untuk penyerbukan tanaman, pada saat proses penyerbukan tumbuhan angin berperan untuk meniup benang sari agar bertemu dengan putik bunga sehingga terjadi penyerbukan.

2. Membantu Proses Terjadinya Hujan

Seperti yang kita ketahui bahwa angin menjadi salah satu faktor terjadinya hujan. Parameter angin ini menjadi parameter penting yang diamati oleh alat seperti anemometer atau weather station (alat ukur cuaca) untuk memprediksi turunnya hujan.

3. Tameng Bumi Dari Radiasi Sinar Matahari

Salah satu pelindung bumi dari radiasi sinar matahari sehingga temperature bumi tidak terlalu panas adalah karena adanya angin.

4. Mendukung Komunikasi

Gelombang radio yang digunakan untuk komunikasi kita membutuhkan angin agar dapat dipancarkan, satelit cuaca juga bisa memantau kondisi arah angin yang tersebar di beberapa belahan dunia.

5. Sebagai Energi Alternatif

Fasilitas seperti pembangkit tenaga listrik, menggerakkan kincir angin dan menerbangkan layang - layang menggunakan energi angin sebagai energi alternatifnya. Karena tidak mengeluarkan gas emisi dan ramah lingkungan maka alternatif energi angin mungkin bisa menjadi solusi pemanasan global yang tengah terjadi.

6. Menyuburkan Tanah

Ternyata angin juga dapat menjadi faktor kesuburan tanah, terlebih lagi saat terjadi gunung meletus. Angin disini akan sangat berperan dalam menyebarkan abu vulkanik gunung yang sangat bermanfaat bagi tanah.

Demikian adalah beberapa contoh manfaat angin bagi kehidupan yang ada di bumi, namun tentu kita juga harus waspada karena ada beberapa jenis angin yang sangat berbahaya seperti angin topan maupun angin tornado.
LihatTutupKomentar