Fungsi Alat Kekasaran

Konten [Tampil]
Fungsi Alat Kekasaran - Kekasaran sendiri meruakan sebuah kerusakan yang sering dialami oleh beberapa benda yang pastinya kita pernah menemukannya di sekitar kita sendiri. Seperi pada besi - besi ataupun bahan logam yang lainnya.



Beberapa benda pastinya mempunyai kekasaran sendiri seperti pada umumnya dan kebanyakan benda tersebut pastinya akan semakin berkurang kualitasnya dibandingkan dengan benda yang baru saja dibeli serta dipakai.

Benda yang mempunyai kekasaran biasanya akan cenderung lebih kasar ya namanya juga kekasaran pastinya benda tersebut jika kita sentuh tidak akan terasa halus, seperti pada saat kita membelinya untuk pertama kali.

Benda - benda yang sering mengalami kekasaran adalah sebagai berikut :

1. Pasir

Pasir merupakan salah satu dari beberapa benda yang mempunyai permukaan yang kasar kenapa koh pasir mempunyai permukaan yang kasar, jika kita pegang pastinya akan langsung terasa kekasaran dari sebuah pasir tersebut.

Kenapa pasir pantai yang sering kita pegang tidak terasa kekasarannya, karena pasir pantai yang terkena panas akan terasa lebih halus permukaanya dibandingkan dengan pasir yang berasal dari penambangan pada sungai.

Pasir tersebut pastinya berwarna hitam dan permukaannya akan terasa kasar jika kita pegang dengan menggunakan tangan kita. Sehingga perbedaan tersebut sangatlah mencolok jika dibandingkan dengan pasir pantai yang lebih halus.

2. Besi

Kenapa besi koh masuk ke dalam kategori benda yang meempunyai kekasaran padahal besi yang sering kita pegang umumnya mempunyai kekasaran yang bahkan tidak terasa oleh kita sama sekali bahkan ketika kita pegang menggunakan tangan.

Jika besi tersebut sudah lama digunakan pastinya kekasaran pada besi akan terasa pada tangan kita yang mempunyai sensitif yang lebih. Dan pastinya muncul bintik - bintik kecil pada besi yang sudah lama terpakai.

Kedua benda tersebut merupakan contoh benda non logam serta logam yang mempunyai kekasaran pada bagian permukaaanya sehingga akan semakin terasa kekasaran permukaan benda. Atau bisa juga dengan menggunakan alat yang bernama roughness tester.

Yang dimana fungsi dari alat tersebut adalah untuk mengukur kekasaran dari permukaan benda tersebut sehingga kita tahu seberapa kasarnya benda tersebut. Dan bisa mengetahui kekasaran dari permukaan dari sebuah benda.
LihatTutupKomentar