Mengkrimping Kabel RJ45

Konten [Tampil]
Mengkrimping Kabel RJ45 - Mungkin untuk beberepa orang pastinya sudah mengenal yang namanya dengan kabel LAN. Sebuah kabel yang digunakan untuk menghubungan sebuah jaringan sehingga akan saling terhubung satu sama lainnya.


Kabel RJ45 merupakan sebuah kabel yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer yang lainnya sehingga akan saling terhubung serta bisa menggunakan kabel tersebut untuk hal yang lainnya.

Dengan menggunakan kabel RJ45, kita bisa juga menggunakannya untuk menyambungkan sebuah jaringan internet yang ada di rumah kita selain menggunakan kabel fiber optic yang digunakan oleh perusahaan ISP untuk sebuah konektivitas sebuah internet.

Apa yang dimaksud dengan ISP? ISP sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi yang memfasilitasi masyarakat untuk menggunakan jaringan internet yang hanya ada pada provider jaringan.

Dan juga ISP merupakan perusahaan yang langsung terhubung dengan jaringan internet pusat atau dengan kata lain merupakan penghubung antara internet dengan masyarakat serta mempunyai hak dalam mengadministrasi jaringan.

Untuk membuat sebuah kabel rj45 jika tidak ingin membelinya bisa menggunakan cara sebagai berikut ini.

1. Mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu

Yang pertama adalah mempersiapkan kabel lan yang panjangnya bisa disesuaikan dengan daerah mana ataupun ruangan mana yang akan disambungkan komputernya ataupun internetnya jika berada di rumah.

Kemudian menyiapkan konektor rj45, yang fungsi dari konektor tersebut adalah untuk ujung dari kabel yang tersambung pada komputer ataupun laptop kita sendiri agar dapat saling berkomunikasi dan tersambung.

Yang berikutnya adalah tang krimping, yang fungsinya untuk memotong, menyambungkan konektor rj45 dengan kabel lan sehingga akan lebih mudah dalam hal seperti memotong serta menggabungkan kabel tersebut.

Dan yang terakhir adalah LAN tester, yang fungsinya menentukan apakah kabel tersebut berfungsi ataukah masih ada kesalahan pada proses pengrimpingkannya, sehingga kita harus mengulangnya lagi dari awal.

2. Mulai membuat

Pertama adalah memotong kabel pada ujungnya kira - kira 5 cm, kemudian adalah mengurutkan kabel dengan warna putih orange - orange - putih hijau - biru - putih biru - hijau - coklat - putih coklat dan pastikan urutannya haruslah benar.

Kemudian adalah menyambungkannya dengan konektor rj45, sehingga akan terbentuk kabel lan dan jangan lupa untuk mengencangkannya dengan menggunakan tang krimping. Dan yang terakhir adalah mengeceknya, dengan menggunakan lan tester.
LihatTutupKomentar