Kandungan Biji Pala

Konten [Tampil]
Kandungan Biji Pala - Pala merupakan sebuah tanaman rempah - rempah yang sudah banyak sekali di Indonesia. Bahkan dari dulu pala sudah menjadi incaran VOC untuk dijadikan sebagai tanaman eksport.



Biji pala sendiri merupakan sebuah biji yang berasal dari tanaman pala yang dibudidayakan di negara tropis khususnya Indonesia, dengan jumlahnya yang mencapai ratusan jumlahnya sehingga Indonesia terkenal dengan rempah - rempah yang melimpah ruah.

Pada jaman dahulu, orang - orang Indonesia mengguankan pala sebagai campuran dari masakan mereka yang terkenal, karena Indonesia terkenal dengan negeri mutiara hitam atau dengan kata lain sebagai negara dengan rempah - rempah yang banyak jumlahnya serta banyak jenisnya.

Negara seperti Indonesia sendiri sudah sangat terkenal bahkan sebelum penjajahan masuk ke Indonesia sendiri, dan setelah masuk pun Indonesia masih menjadi penghasil rempah - rempah terbesar di dunia kala waktu itu.

Pada saat itu para kolonialisme dari barat pada awalnya hanya ingin berdagang rempah - rempah yang tujuannya dieksport ke negara asal mereka yaitu di Benua Eropa itu sendiri, sehingga mereka mempunyai stok pada saat musim dingin yang akan datang.

Mereka datang ke nusantara karena jalur utama dari perdagangan Asia ke Eropa telah berhasil ditaklukan yaitu kota Konstatinopel yang berada di Turky Usmani. Sehingga rakyat Eropa khususnya karena mereka kerajaan, raja mereka memerintahkan untuk mencari rempah - rempah di timur.

Tetapi seiring berjalannya waktu, pada saat jaman Belanda, Dibentuklah VOC yang dimana tugas awalnya hanya untuk mengawasi perdagangan mulai beralih fungsi dengan memonopoli perdagangan yang ada.

Sehingga rakyat pun menjadi menderita akibat monopoli yang dilakukan oleh VOC. Dan menyebabkan terjadi perlawanan di berbagai daerah yang Indonesia yang pada akhirnya bersatu menjadi satu kesatuan melawan penjajahan.

Terlepas dari itu semua, biji pala sendiri memiliki kandungan yang sangat beragam diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kaya Akan Nutrisi

Di biji pala sendiri terdapat beberapa nutrisi yang diantaranya adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C yang sangat cocok untuk memenuhi gizi dalam tubuh.

2. Mengobati Sulit Tidur

Selain itu biji pala juga terkenal untuk mengobati susah tidur ataupun insomia degan memilih biji yangberkualiats menggunakan alat yag bernama moisture meter, yang fungsinya adlaah untuk menentukan bji mana yang baik.

3. Banyak Manfaat Lainnya

Diantaranya adalah untuk mengobati sakit kepala, telinga yang sakit, pereda sakit perut, menghilangkan jerawat serta noda, mengatasi rasa mual pada perut, meringankan sakit maag, serta dapat pula menyembuhkan suara yang parau atau serak dan sebagainya.
LihatTutupKomentar