Pengamatan Cuaca Hujan

Konten [Tampil]
Pengamatan Cuaca Hujan -  Hujan sendiri merupakan sebuah kejadian dimana jatuhnya titik - titik air dari awan yang jatuh ke bumi dengan jumlah yang sangat banyak sehingga akan menyuburkan tanah ataupun pepohonan yang ada di bumi.


Untuk hujan sendiri biasanya terjadi pada bulan - bulan tertentu, mulai dari November hingga awal bulan Juni. Tetapi hujan sekarang sangatlah sulit untuk diprediksikan karena cuaca yang tidak menentu serta akibat dari pemanasan global.

Pemanasan global sendiri merupakan meningkatnya suhu pada bumi sehingga dampaknya adalah mencairnya gletser yang menyebabkan permukaan air laut meningkat, serta udara pun menjadi panas yang bisa menyebabkan penguapan.

Penguapan tersebut kemudian akan berdampak pada air di seluruh permukaan bumi baik itu air laut, air sungai ataupun air danau sendiri akan menguap menjadi yang namanya kita kenal dengan nama awan.

Biasanya awan tersebut berwarna hitam pekat ataupun tidak tergantung suhu yang berada pada wilayah tersebut, semakin pekat warnanya semakin deras pula intensitas hujan yang akan dihasilkan oleh awan tersebut.

Sehingga kita harus lebih berhati - hati dan waspada dalam melakukan aktivitas kita baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan, sehingga kita harus siap sedia dalam segala situasi dan kondisi jika terjadi hujan.

Untuk pengukurannya pun menggunakan alat - alat yang sudah modern serta didukung oleh sumber daya manusianya yang haruslah kuat serta memiliki keahlian dalam hal mengukur cuaca seprti yang bekerja pada BMKG.

Sebuah badan yang mengangi berbagai gejala alam yang akan terjadi atau sedang terjadi serta akan melaporkan kejadian tersebut kepada publik sehingga seluruh warga masyarakatnya pun dapat mengetahui tentang laporan dari data hasil pengukuran.

Mengukurnya pun dengan menggunakan alat yang bernama weather station, yang dimana fungsinya adalah untuk mengukur cuaca yang akan terjadi serta mengukur suhu yang terjadi apakah terlau panas ataukah terlalu dingin.

Alat tersebut dipasang di atap atau bagian luar dari ruangan dekat dengan ruangan yang digunakan untuk memonitor dari pengamatan cuaca tersebut, sehingga apabila terjadi kesalahan fungsi bisa memperbaikinya pada jarak yang dekat tidak terlalu jauh.
LihatTutupKomentar