Penyebab Bangunan Bisa Roboh

Konten [Tampil]
Penyebab Bangunan Bisa Roboh - Apakah Anda pernah mendengar peristiwa runtuhnya balkon lantai 1 Tower 2 di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) yang roboh secara tiba - tiba? tentu peristiwa ini sangat mengejutkan karena masih belum pasti penyebabnya, akan tetapi peristiwa tersebut telah menelan banyak korban luka.

Penyebab Bangunan Bisa Roboh

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sebuah bangunan mengalami roboh, jadi apabila sebuah sudah dirancang dengan baik maka sebuah bangunan tidak akan mudah roboh. Namun secara umum, berikut adalah penyebab bangunan bisa roboh :

1. Kelebihan Beban

Menurut Jason Roof, seorang konsultan insinyur di firma Engineering Design and Testing Corp menyebutkan bahwa terlalu banyak orang adalah salah satu alasan umum kenapa balkon atau struktur bisa runtuh. Selain itu adanya perubahan pada area yang digunakan tanpa adanya analisis lebih lanjut juga dapat menyebabkan robohnya balkon.

Selain itu bila suatu bangunan yang aslinya didesain sebagai rumah tetapi diubah menjadi gudang dan dipakai untuk menyimpan banyak barang juga dapat menyebabkan struktur mendapatkan tekanan akibat berat barang tersebut yang dapat menyebabkan bangunan roboh.

2. Human Error

Seperti yang kita tahu bahwa kontraktor, insinyur dan mandor juga manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan. Masalah seperti kurangnya orang yang melakukan pengecekan rancangan bangunan juga dapat menyebabkan terjadinya perhitungan yang salah dan juga lemahnya struktur bangunan.

Sama juga dengan pekerja yang bisa saja melakukan kesalahan saat mencampurkan material bangunan yang dapat menyebabkan adukan material kemudian tidak mampu menahan beban sesuai desain.

Pengembang juga tidak luput dari kesalahan dari robohnya suatu struktur bangunan karena masih ada saja pengembang yang melakukan kecurangan untuk meraih keuntungan lebih. Kecurangan tersebut adalah seperti halnya memangkas biaya dengan mempekerjakan orang yang tidak terlatih dan hasil bangunannya bisa kamu tebak.

3. Material Bangunan

Material bangunan yang digunakan dalam pembangunan juga akan sangat berpengaruh terhadap hasil bangunan. Jadi semakin baik material yang digunakan dalam bangunan juga akan mempengaruhi hasil bangunan tersebut.

4. Fondasi Lemah karena Desain Belum Matang

Bagian pondasi bangunan merupakan salah satu bagian yang paling mahal untuk dibangun karena harganya bisa mencapai setengah dari total biaya pembangunan gedung. Peristiwa robohnya sebuah bangunan yang disebabkan karena lemahnya pondasi sudah banyak terjadi.

Hal tersebut dapat diakibatkan karena desainnya yang memang belum matang namun disini bukan berarti salah rancangan. Bisa saja perancangannya memang sudah sesuai, namun dikemudian hari pondasi tidak dapat menahan beban yang ditimpakan padanya.

5. Kekuatan Bangunan Tidak Diuji

Setelah bangunan selesai dibuat maka kekuatannya haruslah diuji, namun untuk memotong biaya seringkali kontraktor meniadakannya. Selain itu pengurus gedung juga harus rutin melakukan pemeliharaan bangunan untuk mencegah robohnya bangunan.

Pengujian bangunan ini dapat dilakukan menggunakan alat uji NDT seperti alat ukur kekerasan hardness tester untuk menguji kekuatan bangunan. Pengujian dapat dilakukan pada struktur bangunan, tiang dan bagian penting lainnya yang berpengaruh terhadap kekuatan bangunan.

Memang ada kejadian alam seperti gempa bumi, badai dan perubahan struktur tanah yang juga dapat mempengaruhi bangunan, namun faktor dari manusia itu sendiri juga berpengaruh terhadap kekuatan bangunan.
LihatTutupKomentar