Ciri Minyak Goreng Berkualitas

Konten [Tampil]
Ciri Minyak Goreng Berkualitas - Banyak distributor minyak goreng yang menawarkan minyak goreng dengan klaim “berkualitas”, namun apabila ditelusuri lebih jauh banyak pula yang mengatakan bahwa ciri - ciri minyak goreng yang berkualitas adalah yang jernih, anti beku dan harus bebas dari kolesterol.

Ciri Minyak Goreng Berkualitas

Meskipun demikian, harus dipahami ada karakteristik berbeda untuk minyak goreng yang berkualitas dan juga apa ciri - ciri minyak goreng yang bebas dari kolesterol. Lantas seperti apakah minyak goreng yang sehat itu?

Ciri - ciri minyak goreng yang bagus dan berkualitas


Sebagai distributor minyak goreng, menyediakan produk minyak goreng yang berkualitas serta sehat merupakan nilai plus tersendiri. Pertanyaannya, seperti apa minyak goreng yang berkualitas dan sehat? untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa ciri minyak goreng yang berkualitas :

1. Warna dan kejernihan dari minyak goreng terlihat bagus

Warna minyak goreng yang baik biasanya terlihat cukup jernih, standar jernih disini dapat dilihat misalnya cenderung lebih bening dan tidak pekat. Sedangkan dari segi warnanya, sebaiknya pilihlah minyak goreng yang memiliki warna kuning kecoklatan yang agak cerah, jika warnanya sudah mulai kuning kecoklatan agak menghitam kemungkinan minyak goreng tersebut sudah mengalami beberapa kali proses penggorengan.

2. Aroma minyak goreng yang segar

Secara aroma, minyak goreng yang memiliki kualitas baik, bebas kolesterol, baik dan sehat sebenarnya memiliki aroma yang khas serta tidak tercium bau tengik. Oleh karenanya apabila Anda mencium bau tengik pada minyak goreng, hal ini berarti menandakan minyak goreng tersebut sudah tidak bagus lagi alias sudah rusak.

3. Karakteristik minyak goreng dengan kekentalan yang pas

Usahakan untuk selalu membeli minyak goreng dengan tingkat liquid yang tidak terlalu encer atau kental. Nilai tambah bila minyak goreng (dari kelapa sawit khususnya) tidak mudah beku. Hal ini disebabkan minyak goreng yang tidak memiliki karakteristik tersebut dapat menyebabkan resiko yang lebih tinggi terhadap kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

4. Komposisi minyak goreng yang murni

Selain memperhatikan karakteristik minyak goreng, perhatikan komposisi dari minyak goreng itu sendiri. Namun untuk masa - masa sekarang ini komposisi minyak goreng sebagian besar sudah memiliki kualitas yang hampir sama. Para produsen minyak goreng biasanya hanya membedakan di kandungan “ekstra” vitamin yang ditambahkan. Sehingga bisa dibilang komposisi yang berbeda kemungkinan terjadi ketika memutuskan untuk membeli minyak goreng curah atau membeli minyak goreng yang sudah memiliki merk dagang.

5. Memiliki titik didih (titik asap) yang tinggi

Ciri - ciri ini memang baru didapati, karenanya apabila Anda sudah membeli suatu merk minyak goreng tertentu maka cara sederhana untuk mengetahuinya adalah ketika menggoreng. Perhatikan apakah minyak goreng tersebut terlihat lebih cepat menimbulkan asap, apabila minyak goreng menguap dengan cepat maka boleh dipertimbangkan untuk mencari merk lain. Namun tidak perlu terburu - buru hal tersebut sebenarnya hanya menunjukkan kualitas dan kadar asam lemak yang ada pada minyak goreng tersebut. Sehingga tidak secara signifikan menunjukkan baik atau buruknya kualitas dari suatu minyak goreng.

Atau anda bisa menggunakan alat uji titik nyala minyak / alat uji titik nyala minyak untuk mengukur titik didih dari minyak yang akan anda gunakan agar lebih akurat dan tidak salah untuk memilih minyak goreng.
LihatTutupKomentar